Kamis, 13 Januari 2011

Sistem Perusahaan : Rantai Pasokan, ERP, CRM


Sistem Perusahaan : Rantai Pasokan, ERP, CRM
-Dasar Sistem Perusahaan
- Rantai Pasokan
- Sistem Perusahaan Terkomputerisasi: MRP, SCM, Integrasi Peranti Lunak
- Perencanaan Sumber Daya Perusahaan & Manajemen Rantai Pasokan
- CRM & Dukungan TI

Sistem Perusahaan
Definisi
-Sistem keseluruhan perusahaan
- Berbagai sistem atau proses yang melibatkan keseluruhan perusahaan atau sebagian besar perusahaan.
Contoh:
- Perencanaan sumber daya manusia (ERP – Enterprise Resource Planning).
- Manajemen hubungan pelangan (CRM – Customer Relationship Management).
- Manajemen hubungan antar mitra (PRM – Partner Relationship Management)
- DSS

Rantai Pasokan
 Definisi
-Arus bahan baku, informasi, uang, dan pelayanan, ulai dari pemasok sampai ke pelanggan.
- Supply chain.
- Manajemen Rantai Pasokan
Definisi
- Perencanaan, pengaturan, dan optimalisasi satu atau lebih aktivitas rantai pasokan.
Peranti Lunak SCM Supply Chain Management
- Peranti lunak yang mendukung untuk aktifitas rantai pasokan, seperti produksi, persediaan, penjadwalan, transportasi, dll

Arus Dalam Rantai Pasokan
Arus Bahan Baku
-Meliputi semua bentuk fisik bahan baku,perlengkapan yang terlibat dalam aktifitas
rantai pasokan.
-Arus Informasi
-Semua data yang berkaitan dengan permintaan, pengiriman, pemesanan, pengembalian, dan penjadwalan.
Arus Keuangan
-Semua uang yang berkaitan dengan pembayaran/ transfer, jadwal pembayaran,
serta data yang berkaitan denganp
-Masalah Dalam Rantai Pasokan




Antar unit
-Masalah dalam rantai pasokan yang terjadi antar unit didalam sebuah perusahaan.
Antar Perusahaan
-Masalah yang terjadi antar perusahaan,berkaitan dengan rantai pasokan.
-Solusi Masalah Rantai Pasokan
Parameter Persediaan
Berbagi Informasi

Evolusi Alat Bantu Terkomputerisasi
SCM
-Supply chain management.
-Tahun 1950an.
-Mendukung rantai pendek dari rantai pasokan.
-Persediaan, penjadwalan, penagihan.
l MRP
-Management requirement planning.
-Tahun 1960an.
-Merupakan perencanaan permintaan bahan baku.
-Produksi, pembelian,
l MRP II
- Manufacturing Resource Planning.
-Penambahan : Kebutuhan SDM, keuangan.
l Integrasi Peranti Lunak
-Integrasi sistem informasi fungsional dalam perusahaan.
- ERP – Enterprise resource planning

-Apa itu ERP
-Sumber daya perusahaan vs sistem perusahaan.
-Perencanaan sumber daya
-perusahaan untuk mengakomodasi sistem perusahaan.
-Peranti lunak yang mengintegrasikan perencanaan, manajemen, dan penggunaan sumber daya di seluruh perusahaan.
-Contoh: SAP, peranti lunak ERP komersial, oracle, dan peoplesoft.


Apa isi ERP
ERP 1
-Berkonsentrasi pada aktifitas perusahaan yang rutin dan sifatnya berulang.
-Kelemahan: sangat rumit untuk diimplementasikan.
ERP 2
-Menekankan pada informasi.
- Memperbaiki proses pengambilan keputusan.
-Mendukung tipikal bisnis secara ECommerce.


Penggabungan ERP dan Sistem Informasi Fungsional Perusahaan.
-Tidak semua paket ERP dapat diimplementasikan.
-Tipikal bisnis perusahaan.
-Kolaborasi ERP dengan ECommerce Perusahaan

CRM
Definisi
-Manajemen hubungan pelanggan.
-Kegiatan keseluruhan perusahaan untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan.
- Sering kali menggunakan dukungan TI.
- Menurut Greenberg(2002), ada 10 definisi
CRM dan akan terus berubah.
Jenis Aktifitas CRM
-Aktifitas Operasional.
-Aktifitas analitis.
-kolaboratif.

Klasifikasi Aplikasi CRM
Aplikasi yang berhadapan dengan Pelanggan
-Aplikasi yang meliputi semua area tempat pelanggan berinteraksi dengan perusahaan.
-otomasi arus informasi antar karyawan dengan pelanggan.
Aplikasi yang bersentuhan dengan pelanggan.
-Aplikasi yang bersentuhan langsung dengan pelangan.
- Aplikasi ECommerce secara umum, helpdesk system.
Aplikasi inteligensi atas pelanggan.
-Aplikasi yang berkaitan dengan pemrosesan operasional.
-Pelaporan, penggudangan, dan arus informasi yang lain.
l Aplikasi jaringan online
- Aplikasi yang merujuk pada metode komunikasi antar pelanggan dengan perusahaan.
-Ruang chatting, dan diskusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar